Laman

Selasa, 23 Juni 2020

The Trigger

Hai, blog?
Terhitung 6 bulan sejak tulisan terakhir. Kemajuan berarti ya? Kan belum sampe setahun :D

How's my life? It's hard but still good in many ways.

Akhir tahun lalu, pas aku nulis post terakhir, aku bilang aku udah baik-baik aja kan?
Ya memang iya sih, udah baik-baik aja.
Tapi sejujurnya, masih ada yang mengganjal waktu itu.
Kayak masih ada sebagian kecil perasaan nggak terima, karena aku belum tahu penyebab masalahku apa, dan aku butuh tahu.
Jenuh doang nggak mungkin se-powerful itu sampai breaking me down like scattered glass (anjay kayak lagu).
Jadi aku terus berusaha cari tahu, tanya sana-sini, konsul sana-sini.



Udah ketemu jawabannya, I can't tell you what it is, karena terlalu personal dan terlalu deket sama kehidupanku.
Yang jelas, ini faktor eksternal yang tanpa aku sadari impact-nya kelewat gede buat aku yang notabene manusia cuek dan bodo amat ini.
Dan karena itu faktor eksternal yang nggak bisa aku kendalikan, tapi mau nggak mau aku terlibat di dalamnya, aku tertekan.
Gara-gara satu trigger tersebut, semua anxiety dan insecurity yang biasanya bisa dikontrol juga ikutan 'mbludak'.
Batinku nggak kuat. Aku roboh.
For the first time in my life, aku ngerasa kayak orang gila selama hampir sebulan, parah banget kalo diinget-inget rasanya.
Tapi aku bersyukur juga, meskipun waktu itu aku nggak tahu masalahnya apa, aku masih bisa lewatin.
Ya terutama bersyukur karena liat video Namjoon waktu itu sih.
Kalau masalah sebelumnya jadi trigger yang bikin aku runtuh, video Namjoon jadi trigger yang bikin aku bangun lagi, wkwkwk.

Awal tahun ini, aku bikin janji sama diriku sendiri. Banyak bahkan janjinya.
Salah satunya, berusaha buka diri, biar bisa menerima support dari orang lain dan nggak merasa sendirian lagi.
Dan tentunya treat myself better, soalnya nggak bisa juga mengandalkan orang lain sepenuhnya, apalagi masalah bahagia.
Akhirnya, Januari aku mulai beraniin diri buka WA dan line, pelan-pelan mulai ngobrol sama temen-temen juga.
Instagram? Cuma side account yang aku buka, itupun buat update info badminton sama kpop.
Main account jarang banget aku buka kecuali buat post story sesekali, buat pertanda kalo Dian masih hidup, hahaha.
Yang aktif dibuka tiap hari jelas twitter.
Bebas aja ngapa-ngapain nggak terbebani ekspektasi, soalnya nggak banyak yang tahu aku siapa.
Mana asupan kebahagiaanku ada disitu.
Nyari fancam, AU, meme, foto idol ada semuaaa.
Udah gitu, sebagai bagian dari multi-fandom, temen-temenku random banget, dari yang tante-tante bucin J-Hope, temen seumuran yang lebih ngefan sama instrumen daripada member Day6, sampe dedek-dedek kecil yang minta hadiah photocard-nya Yeonjun kalau nilai ujiannya bagus :D
Ada aja yang bikin ketawa.
They always make my day.

Oiya, ada satu hal lagi yang bikin aku plong se plong-plongnya perihal masalah batin ini.
Januari lalu, seperti biasa aku ke Jakarta buat nonton Indonesia Master (biar bisa teriak keras-keras pas nyemangatin, syukur-syukur bonus dilirik dan disenyumin atlet kesayangan).
Terus aku ketemuan sama Cindy, biasa cerita ngalor-ngidul, nyanyi-nyanyi nggak jelas, cekikikan kayak orang bego..
Sampai akhirnya, Cindy tanya, "Kamu kenapa, To?"
Tadinya aku nggak mau cerita sih, mau sok-sok baik-baik aja, eh akhirnya bocor juga.
Nggak tahu sih, rasanya percaya aja mau cerita hal se-sensitif ini.
And then I spilled the tea, all of them. 
Sampai nangis bermenit-menit.
Dianya malah ikutan nangis, kan aku jadi nggak bisa berhenti.
Malu anjay, nangis sesenggukan di tengah keramaian wkwkwk.
But it helps, indeed. 
Ngebantu banget ternyata cerita sama makhluk hidup (soalnya biasanya cerita sama tembok kalau nggak ya nulis).

Aku juga rutin nulis btw, nulis beneran, di kertas pake pulpen.
Semacam diary gitu jatuhnya.
Aku isi tiap hari meskipun cuma sekalimat.
Sedih ya ditulis, seneng ya ditulis, biasa aja juga ditulis.
Efeknya kerasa kok, rasanya lebih bisa mengontrol diri.
Selain daily writings, aku juga bikin surat 3 bulanan buat diriku sendiri.
Tujuannya buat ngasih apresiasi sama motivasi diri sendiri ke depannya.
Surat pertama aku bikin Oktober 2019, sekitar seminggu setelah lihat videonya Namjoon (inget aku kalau urusan Namjoon mah), ditujukan buat Dian di Januari 2020.
Terus Januari 2020 baca suratnya, sekaligus bikin surat baru buat Dian di April 2020.
Gitu seterusnya.
Percaya nggak, setiap baca surat dari diriku sendiri 3 bulan sebelumnya, aku nangis dong.
Bahagia gitu rasanya kenal Dian Sito Rukmi wkwkwk.
Apa banget ya?
Tapi ya emang gitu kenyataannya, merasa terinspirasi sama diri sendiri.
Keren banget Dian tuh seriusan nggak bohong.
Rugi deh siapapun yang nggak kenal, hahahaha.

Yang jadi masalah baru adalah pandemi yang beberapa bulan terakhir akhirnya merebak di Indonesia.
Kesel banget aku kalau ngomongin Corona.
Bayangin aja, baru nata hati akhir tahun, awal tahun mulai berbahagia, lagi semangat-semangatnya nyari duit dan bersenang-senang, eh, ujug-ujug pandemi .
Mana itu pas bulan rame-ramenya kerjaan lagi -_-"
Dan rame-ramenya konser, ngerti nggak sih rasanya udah pegang tiket dan excited mau nonton tapi musti batal? :'(
Udah gitu, masyarakatnya susah lagi diajak kompromi.
Kelayapan terus, pake masker nggak mau, pengen taksumpahin tapi nyumpahin orang dosa, nggak jadi deh.
Mana pake new normal lagi sekarang.
Aku nggak suka istilahnya. New normal.
Udah tahu masyarakat tingkat literasinya rendah, masih pake istilah yang embel-embelnya normal.
Ngerti nggak sih pemerintah, kalau mayoritas masyarakat menganggap new normal berarti keadaan sudah baik-baik aja dan kembali normal.
Jangan salahin rakyatnya yang literasi rendah dan nggak mau memahami.
Udah tahu karakter rakyatnya begitu, mustinya yang di atas yang ngalah bikin aturan pake istilah yang dimengerti, yang manusiawi, anggap lagi ngomong sama bocah TK kalau perlu (mulai emosi)
Mau new normal gimana juga, aku tetep berusaha nggak kemana-mana lah, ngeri, mending cari kerjaan lain yang bisa diselesaikan di rumah.

Semua orang kena dampak pandemi, dan semua orang juga rawan stres gara-gara pandemi ini (aku nggak stres kok, nonton konser online cukup membantu mengurangi stres-ku)
Aktivitas terbatas, pemasukan terbatas, padahal pengeluaran jalan terus.
Pengen rasanya kembali hidup normal (beneran normal maksudnya).
Kangen juga random backpacking ke luar kota cuma buat self-healing.
Aku harap situasi cepat membaik.
Stay safe and be okay ya, everyone. Be happy too!

0 komentar: