Laman

Kamis, 02 Februari 2012

Indonesiaku :)

       Indonesia..
Tanah kelahiranku yang indah.. Yang sayangnya mendapat 'cap' jelek di mata negara-negara lain.
Negaraku ini SESUNGGUHNYA indah, subur, kaya, menyenangkan. Tapi bangsanya? Anda mungkin tahu sendiri.
       Indonesia merdeka hampir 67 tahun yang lalu. Dan selama 67 tahun inilah Indonesia melalui jalan yang begitu terjal dan berliku untuk mencapai posisinya saat ini. Ratusan tahun sebelumnya Indonesia dijajah oleh bangsa-bangsa lain (Belanda, Inggris, Jepang, dll.). Disiksa, dicurangi, dieksploitasi. Merupakan perjuangan yang sangat keras untuk bangsa Indonesia untuk dapat merdeka. Dan bersatu menjadi bangsa yang kokoh seperti ini.
       Tapi
kita lihat situasi Indonesia  bangsa Indonesia saat ini. Jauh dari harapan para perintis kemerdekaan. Mereka berjuang mati-matian agar bangsa ini merdeka, tapi setelah merdeka? Seperti ini .....  -_-"

Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka mengumpat daripada berinstrospeksi ketika mereka membuat kesalahan.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka melakukan kekerasan daripada bermusyawarah untuk menuntaskan suatu masalah.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka menuntut daripada bergerak sendiri.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka mengeksploitasi hak bersama daripada melaksanakan kewajiban bersama.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka menggunakan cara kotor daripada kejujuran.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka terlihat 'palsu' daripada terlihat apa adanya.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih menginginkan uang daripada kebahagiaan sejati.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka berpisah daripada bersatu.
Sebagian dari bangsa Indonesia lebih suka negara lain daripada negaranya sendiri.
Sebagian dari bangsa Indonesia TIDAK MENCINTAI INDONESIA.

       Mereka bilang mereka malu dengan negara ini. Negara yang penuh keegoisan, kemiskinan, ketidakjujuran, kerusuhan, demo, kriminal, dan korupsi, sarana prasarana yang tidak layak, alam yang mulai rusak, bencana alam. Oke, saya juga tahu itu. Tapi, apa pun yang terjadi mereka masih menjadi bagian dari negara ini. Negara ini TIDAK PERNAH SALAH. PENGHUNI negara ini yang SALAH. Kita selalu mempersalahkan orang lain jika kita disebut salah. Seenaknya menyebut pendidikan yang salah, orang tuanya yang salah, sistem pemerintahan yang salah, bahkan presidennya yang salah.
Hey, be mature please.. Kalau kita seperti ini terus kapan Indonesia bisa maju?
Seandainya kita mau berintrospeksi, tidak akan ada yang saling menyalahkan. Dan tidak akan ada yang menghambat kemajuan negara ini.

       Masalah terbesarnya adalah yang pertama. EGOIS. Tidak memikirkan kehidupan orang lain, hanya merasa dirinya yang paling utama, paling baik, paling berkuasa. Masyarakat elit tidak peduli dengan masyarakat miskin. Tidak ada empati. Masyarakat miskin juga EGOIS. Merasa dirinya yang paling butuh, merasa dirinya harus mendapat sesuatu dari orang lain tanpa harus berusaha. Mudah menyerah dalam menjalani kehidupannya. Dan kesenjangan sosial melebar sebagai akibatnya. Kemiskinan dimana-mana. Sedang keegoisan masih tetap terpupuk di pikiran masing-masing. Sehingga menimbulkan akibat lain. Perhatikan bahwa kasus kriminal biasa dilakukan oleh orang miskin. Mereka yang kekurangan kini mulai bertindak tidak jujur. Merampok, mencuri. Mereka yang tidak peduli dengan orang lain mulai saling menyakiti. Memukul, memperkosa, membunuh. Dan mereka yang selalu egois saling memanas-manasi. Memicu timbulnya kerusuhan. Demo meluas. Para mahasiswa berdemo mengatasnamakan keadilan padahal mereka dibayar untuk melakukan itu. Mereka yang seharusnya membawa negeri ini maju justru semakin memperburuk keadaan. Semua orang gila uang. Demi uang mereka lakukan apa pun. Termasuk para pejabat negara. Melupakan kewajibannya sebagai dewan, membiarkan rakyat kelaparan dan merauk keuntungan sebanyak-banyaknya. Korupsi merajalela. Bank Century, wisma Atlet, dan yang lainnya..

       Kalian lihat? Masalah kita adalah pada diri kita sendiri. Jika kita mau berintrospeksi, mengurangi keegoisan dan sejenak melupakan harta dunia, kita bisa memberi sumbangan yang baik untuk Indonesia. Jangan bilang Indonesia rusak! INDONESIA BAIK-BAIK SAJA, KITA yang TIDAK. Untuk itu mulailah berubah, kawan. We are the agents of changes. Bertindaklah lebih banyak daripada berbicara.
Jangan lagi mengekspos kejelekan Indonesia. Bukalah pandangan baru yang positif tentangnya..
Indonesia kita adalah SURGA.
Beraneka macam suku ada disini.
Beraneka macam flora-flauna ada disini.
Beraneka macam makanan ada disini.
Beraneka macam budaya ada disini.
Beraneka macam tempat indah ada disini.
Beraneka macam benda unik ada disini.
Beraneka anugerah Tuhan ada di Indonesia..
Jangan bicarakan masalah kerusakan.Siapa yang merusak kalau bukan kita sendiri? Sekali lagi, jika kita mau berbenah semua akan membaik, Teman..
Mungkin beberapa pesimis akan hal ini.tapi saya selalu yakin akan KEAJAIBAN MIMPI. Dan kita semua harus. Tanggapilah komentar buruk tentang Indonesia dengan senyuman dan jawaban, "That used to be us, but we changing now". Dan tunjukkan kepada mereka yang merendahkan Indonesia bahwa negeri ini MEMBANGGAKAN.
Ingat, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang cerdas, yang kita butuhkan adalah rasa cinta Indonesia. Tanamkan rasa ini ke dalam hatii rakyat Indonesia seluruhnya bukan hanya mereka. Agar nantinya mereka pelopor dan penggerak yang memajukan bangsa ini dan seluruh rakyat yang dengan senantiasa akan membantu sekuat tenaga.
CINTA KAMI UNTUK INDONESIA. :)

0 komentar: